Produsen Propolis 1 di Indonesia

Nano Blog

cara pencegahan virus corona pada anak
Quick Tips

Cara Pencegahan Virus Covid 19 pada anak Anda

Sumber wolipop.detik.com.

Pandemi virus Corona yang semakin menyebar hingga saat ini membuat pemerintah mengambil langkah tegas untuk menutup beberapa tempat-tempat umum seperti sekolah, mall, serta menginstruksikan masyarakat untuk melakukan isolasi diri. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 yang bisa menginfeksi siapapun, dari orang dewasa hingga anak-anak. Jadi, anggapan bahwa anak-anak tidak bisa tertular Covid-19 tidaklah tepat. Hanya saja memang tingkat mematikannya jauh lebih rendah daripada kelompok usia lainnya.

cara pencegahan virus corona pada anak
Seorang anak menggunakan masker

Seperti dikutip dari The Guardian, bahwa ada lebih dari 2 ribu kasus virus corona yang dikonfirmasi dan dicurigai terjadi pada anak-anak di China. Ada sekitar 6% kasus Covid-19 yang kemudian menjadi sakit parah dan seorang bocah lelaki 14 tahun yang dikonfirmasi meninggal.

Menurut Dr. Gregory Poland, untuk mencegah anak terinfeksi dan menyebarkan virus Corona maka kamu harus memperlakukannya dengan sangat hati-hati karena tidak ada alasan untuk berpikir bahwa Covid-19 tidak bisa menginfeksi anakmu. Oleh karena itu jika seorang anak terlihat memiliki gejala-gejala Covid-19, seperti demam, batuk, dan sesak napas maka segeralah periksakan ke dokter dan jauhkan dari orang-orang yang lebih rentan, seperti orang-orang yang lanjut usia (kakek, nenek).

1. Jaga Kebersihan Setelah Mengganti Popok
Cara pencegahan virus corona pada anak-anak yang pertama adalah dengan menjaga kebersihan saat mengganti popok. Jika kamu memiliki anak yang masih harus menggunakan popok, maka pastikan kebersihan saat mengganti popok. Segera buang popok bekas pakai ke tempat sampah lalu setelahnya cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun dan air atau hand sanitizer.

2. Ajarkan Etika Penggunaan Toilet
Cara pencegahan virus Corona pada anak-anak yang kedua adalah dengan mengajarkan etika penggunaan toilet. Bagi kamu yang memiliki anak-anak yang sudah lebih besar, maka kamu bisa mengajarkan tentang kebersihan tangan dan kebiasaan yang benar saat menggunakan toilet. Banyak orang-orang yang tidak tahu bahwa menyiram toilet dengan tutup terbuka dapat menyebarkan virus ke setiap permukaan kamar mandi.

Pastikan kamu juga mengajari anak cara mencuci tangan yang benar setelah dari toilet.

3. Jangan Menitipkan Anak di Day Care atau Tempat Penitipan Anak
Cara pencegahan virus Corona pada anak-anak yang ketiga adalah dengan tidak menitipkan anak di day care atau tempat penitipan anak untuk saat ini. Jika memungkinkan bagimu untuk sementara waktu di tengah pandemi ini, lebih baik mengurus anakmu sendiri.

4. Jangan Terlalu Sering Pergi ke Taman Bermain
Cara pencegahan virus Corona pada anak-anak yang keempat adalah dengan tidak terlalu sering pergi ke taman bermain di tengah-tengah maraknya pandemi Corona. Kamu boleh mengajak sang anak pergi ke taman bermain sesekali karena itu akan membantu kesehatan mentalnya. Namun pastikan taman bermain yang kamu kunjungi bukanlah tempat yang ramai dan jangan lupa untuk selalu mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer.

5. Hindari Keramaian
Cara pencegahan virus Corona pada anak-anak yang kelima adalah dengan menghindari keramaian. Tempat-tempat umum atau keramaian akan meningkatkan risiko terinfeksi Covid-19 atau virus Corona. Itulah mengapa saat ini pemerintah menutup sekolah dan tempat-tempat umum lainnya.

6. Jangan Ajak Izinkan Anak Bermain dengan Teman atau ke Rumah Tetangga
Cara pencegahan virus Corona pada anak-anak yang keenam adalah dengan tidak membuat janji pertemuan bermain dengan teman ataupun tetangga. Untuk saat ini hal tersebut sangatlah tidak dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko penyebaran infeksi Corona. Jangan membiarkan anak bermain bersama tetangga atau teman. Namun setelah pandemi Corona usai, hal ini sangat bagus untuk dilakukan.

Untuk saat ini hal terbaik yang dapat dilakukan sebagai cara pencegahan virus Corona adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer dan isolasi diri, terutama jika merasa kurang sehat atau memiliki gejala-gejala Covid-19 seperti batuk, demam, dan sesak napas.

Menurut Academy of Pediatric di Amerika, masalah terbesar yang mungkin dihadapi adalah risiko dari tidur bersama. Jika kamu atau anakmu merasa kurang enak badan atau memiliki gejala-gejala Covid-19 maka segeralah isolasi diri.

Memang akan lebih mudah rasanya jika kamu memiliki anak yang sudah lebih dewasa. Namun hal tersebut cukup efektif untuk menghindari penularan atau infeksi Covid-19.

Semoga Wabah ini cepat berakhir dan anak anak kita selalu terlindungi dari wabah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *