Produsen Propolis 1 di Indonesia

Nano Blog

brazillian red propolis
News & Events Propolis

Propolis Brazil

Mengenal propolis Brazil

Brazilian propolis atau propolis Brazil adalah propolis terbaik di dunia. Propolis ini berasal dari lebah madu yang hidup di hutan-hutan pedalaman Brazil yang sumbernya berasal dari zat organic murni hasil uraian dari lebah madu Brazil dari subtansi yang mengandung damar dari daum muda tumbuhan yang disebut Baccharis dracunculifolia (Alecrim do Campo) yang fungsinya untuk membersihkan dan melindungi sarang lebah terhadap dingin, panas, angin, kelembaban dan penyakit serta hewan hewan penganggu dari lebah tersebut.

Brazilian propolis sangat kaya akan kelompok antioksidan tertentu yang disebut Flavonoid.

Zat ini sangat ampuh dan kuat menetralisir radikal bebas, mendukung system kekebalan tubuh alami (immune system) manusia pada tingkat seluler dan membantu regenerasi sel. Propolis Brazil juga mengandung asam fenol penting yang disebut Artepilin C.

Perbedaan propolis brazillian

Propolis Brazillian sangat berbeda dengan propolis pada umumnya ini disebabkan karena iklim di negara Brazil dan flora disana yang sangat luar biasa melimpah. Lebah madu di Brazil juga hasil silang dari lebah madu afrika.

Hal ini juga tempat satu-satunya di dunia tempat tumbuhnya Alecrim do compo tumbuh secara melimpah dan subur di Brazil.

tumbuhan Baccharis dracunculifolia
Baccharis dracunculifolia ‘Alecrim-do-campo’

Baccharis dracunculifolia adalah tanaman asli Brazil, umumnya dikenal sebagai ‘Alecrim-do-campo’ dan ‘Vassoura’ dan digunakan dalam pengobatan alternatif untuk pengobatan peradangan, gangguan hati dan tukak lambung.

Warna Propolis Brazil

Propolis Brazil mempunyai dua warna yang berbeda ada yang berwarna merah ada juga yang berwarna hijau. Perbedaan dari warna tersebut juga tergantung dari daerah masing masing di Brazil.

Brazillian Red Propolis: Dilansir drugtargetreview

brazillian red propolis
Propolis merah Brazil

Sebuah studi baru telah menunjukkan bahwa propolis merah Brasil dapat secara signifikan mengurangi beban parasit pada tikus yang terinfeksi cacing pipih Schistosoma mansoni. Para peneliti menemukan bahwa propolis merah sama efektifnya melawan telur dan parasit dewasa, di mana pengobatan saat ini hanya berfokus pada cacing dewasa, dan oleh karena itu menunjukkan bahwa pengobatan tradisional bisa sangat efektif dalam mengobati schistosomiasis, penyakit yang disebabkan oleh infeksi. S. mansoni, dan kemungkinan infeksi parasit lainnya juga.

Propolis merah Brazil adalah resin alami yang diproduksi oleh lebah madu yang telah digunakan dalam pengobatan tradisional selama bertahun-tahun. Ini mengandung lebih dari 20 senyawa aktif secara biologis dan memiliki sifat bakterisida dan anti jamur yang mapan.

Brazilian Green Propolis: dilansir pubmed

Brazillian green propolis
Propolis hijau Brazil

Propolis hijau Brazil adalah resin alami yang diproduksi lebah madu Brazil tenggara yang mengandung Artepilin C dan Drupanin yang sangat bagus untuk anti inflamasi.

Kandungan Propolis Brazil

Bioflavanoid atau disebut juga Vitamin P (kaya akan antibiotik, antioksidan dan antimycotik) Menurut penelitian, kandungan Bioflavanoid pada satu tetes propolis setara dengan bioflavanoid yang dihasilkan dari 500 buah jeruk.

  • Artepilin C yaitu antioksidan yang menghambat pertumbuhan kanker.
  • Semua jenis vitamin (Vitamin A, B2, B6, E, C, D, H, P, asam folat, asam nikotinat) kecuali Vitamin K.
  • Mineral-mineral yang dibutuhkan oleh tubuh (kecuali sulfur) seperti besi, tembaga, seng, mangan, aluminium, unsur kimia, vanadium, strotium, silicon dan zat kapur.
  • 16 rantai Asam Amino essensial untuk regenerasi sel.
  • Lebih dari 180 Phytochemicals yaitu senyawa yang ada di tanaman besar dengan usia di atas 100 tahun.
  • Pinocembrin

Manfaat Propolis Brazil

  • Mengobati luka: Pinocembrin senyawa khusus dari propolis yang dapat mengobati luka.
  • Mengobati herpes: Salep yang mengandung propolis dapat mengobati penyakit herpes dan membunuh virus untuk membunuh gejala yang timbul.
  • Anti kanker: Artepilin C yaitu antioksidan yang menghambat pertumbuhan kanker.
  • Kesehatan kulit: Propolis dikenal juga anti peradangan terutama kulit yang banyak jerawat. Sel kulit yang telah mati dapat dikelupas dehan alami oleh propolis ini.
  • Perawatan gigi dan mulut: Propolis dapat menjadi obat kumur, pasta gigi, gel oral, dan permen tengorokan dikarenakan propolis bagus untuk radang tenggorokan.

Petunjuk Penggunaanya Propolis

Untuk menjadikan suplemen harian dan menjaga daya tahan tubuh Anda dapat menggunakan sesuai petunjuk yang diberikan.

Aturan pakai: Campurkan 2 tetes kedalam air hangat 75 cc atau ukuran segelas.

Bisa diminum 2 kali sehari setelah makan.

Hindari jika Anda alergi terhadap produk lebah madu dan turunannya.

Sumber:

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22367028/

https://bmccomplementmedtherapies.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12906-015-0888-9

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19690045/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *