Produsen Propolis 1 di Indonesia

Nano Blog

lebah trigona
News & Events Propolis

Lebah Trigona penghasil madu dan propolis

Salah satu serangga yang sangat menguntungkan bagi tumbuh-tumbuhan dan juga kehidupan manusia adalah lebah.

Termasuk lebah yang tidak menyengat yaitu Lebah Trigona.

Lebah Trigona merupakan lebah madu yang tidak menyengat (stingless honey bees) yang dapat ditemukan di wilayah iklim tropis dan beberapa wilayah beriklim subtropis.

Indonesia terdapat beberapa jenis lebah Trigona yang telah diidentifikasi yaitu Trigona laeviceps, T. itama, T. drescheri, T. apicalis, T. thoracica, dan T. terminata.

Lebah Trigona ditemukan bersarang pada tempat tempat berlubang seperti batang kayu, batang pohon dan celah dinding rumah.

sarang lebah trigona
sarang di alam liar lebah trigona

Pintu masuk sarang lebah Trigona terbuat dari resin tumbuhan yang bercampur tanah dan lumpur, dengan bentuk yang berbeda beda tergantung dari spesiesnya. Sarang tersebut merupakan tempat atau rumah bagi lebah bersama dengan koloninya untuk berlindung, menyimpan makanan dan bereproduksi.

Struktur sarang lebah trigona

Sarang lebah madu trigona strukturnya sangat berbeda dengan sarang lebah madu apis, dimana didalam sarang lebah trigona tempat menyimpan polen dan madu terpisah dengan sel anakan.

Tempat menyimpan madu dan polen terbuat dari campuran resin pohon, wax dan tanah.

koloni lebah trigona
Koloni tempat budi daya lebah trigona

Koloni Lebah trigona

Dalam satu sarang lebah trigona terdapat ribuan ekor jumlahnya dan dipimpin oleh seorang ratu lebah yang bertugas mereproduksi telur telur lebah. Selain ratu lebah ada lebah pekerja, lebah jantan dan anakan.

Ratu lebah memprodruksi pheromone yang berfungsi untuk memikat lebah jantan untuk kawin. Selain untuk menarik pasangan untuk bereproduksi, pheromone juga dapat digunakan sebagai pengatur aktivitas koloni dan penanda teritori.

Dalam sebuah koloni lebah, para pekerja merupakan strata yang penting, dengan jumlah terbanyak pada satu koloni. Lebah ini bertugas untuk mencari pakan. Tubuh lebah pekerja berwarna hitam, mempunyai sayap yang menutupi tubuh dan tungkai yang mempunyai banyak bulu halus. Kebutuhan total protein dari suatu koloni lebah madu dapat terpenuhi dengan mengkonsumsi polen.

Selain polen, lebah pekerja juga mengumpulkan resin yang digunakan sebagai bahan untuk memperbaiki sarang dan melindungi sarang dari serangan jamur dan parasit. Lebah pekerja yang tidak mengumpulkan makanan, bertugas menjaga telur dan memberi pakan kepada anakan dan ratu. Tugas yang tidak kalah penting yang dilakukan pekerja bersama pejantan adalah menjaga sarang dari serangan musuh.

Pertahanan yang dilakukan lebah pekerja yaitu berjaga pada corong pintu masuk untuk menghalau musuh yang datang seperti semut dan tawon.

Produk Lebah Trigona

madu lebah trigona

Lebah Trigona dikenal sebagai lebah lokal yang memproduksi madu, royal jeli dan Propolis. Yang sangat bermanfaat bagi manusia.

Madu yang dihasilkan oleh lebah pekerja berasal dari nektar yang dihasilkan oleh tumbuhan berupa cairan yang manis yang dihasilkan oleh kelenjar nektar tumbuhan. Lebah pekerja mengumpulkan nektar dengan menggunakan proboscis, dan disimpan sementara pada kantong nektar untuk dibawa ke dalam sarang. Lebah pekerja menghisap nektar dan memuntahkannya kembali sambil menambahkan enzim invertase. Enzim ini mengubah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa.

Madu yang dihasilkan lebah pekerja mempunyai kandungan fruktosa yang tinggi, sehingga dapat menghasilkan energi ketika dikonsumsi dan dapat memulihkan tenaga saat mengalami kelelahan.

Madu mengandung fruktosa dan kadar air yang rendah. Kadar air yang rendah akan mencegah madu dari kerusakan dalam jangka waktu relatif lama. Madu yang dihasilkan oleh lebah memiliki kandungan vitamin seperti vitamin B1, B2, B3 dan C, serta mineral seperti kalsium, yodium, natrium, besi, dan magnesium.

Madu memiliki beberapa khasiat yang baik untuk kesehatan seperti dapat melancarkan kinerja usus dan ginjal, memperlancar peredaran darah, sebagai obat luka bakar, memperkuat otot jantung dan mencegah sakit susah tidur.

Lebah Trigona mencari makan pada bunga yang sedang mekar untuk mendapatkan polen dan nektar. Polen merupakan alat reproduksi jantan pada tumbuhan yang terletak pada kepala sari.

Kebutuhan protein yang diperlukan oleh lebah dapat dipenuhi dari polen yang dikonsumsi. Jika gizinya tidak memiliki protein yang cukup, lebah madu tidak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kelebihan polen dan nektar yang dikoleksi oleh lebah pekerja disimpan di dalam pot-pot kecil (storage pot) didalam sarang sebagai cadangan makanan.

Produk lain yang dihasilkan oleh lebah adalah royal jeli, yaitu cadangan makanan berupa cairan yang akan diberikan kepada anakan terutama calon ratu.

Royal jeli berfungsi untuk membantu mempercepat pematangan seksual dan meningkatkan kemampuan reproduksi lebah.

Propolis juga merupakan suatu produk yang dihasilkan oleh lebah Trigona. Propolis merupakan zat lengket yang berwarna gelap yang dikumpulkan dari tumbuhan dicampur dengan lilin dan resin. Bunga, batang, tunas atau getah tumbuhan merupakan sumber bagi lebah untuk menghasilkan propolis. Produksi propolis pada Trigona lebih banyak dibandingkan lebah genus Apis.

Untuk menghasilkan propolis, lebah pekerja perlu mengunjungi banyak tumbuhan untuk mengoleksi getah resin. Sifat lengket yang dimiliki oleh propolis digunakan lebah untuk memperbaiki sarang.

Propolis juga digunakan sebagai alat pertahanan dari serangan mikroba dan jamur, karena mengandung senyawa antimikroba. Propolis dapat membunuh semua mikroba yang mengganggu yang masuk ke dalam sarang seperti bakteri, virus, jamur maupun protozoa.

Propolis telah diketahui memiliki khasiat yang berguna bagi kesehatan manusia. Propolis mengandung senyawa flavonoid dan fenolat. Warna gelap pada propolis tergantung dari banyaknya kandungan resin pada propolis tersebut.

Komponen flavonoid pada propolis lebah Trigona dapat digunakan sebagai bahan antioksidan yang telah diuji secara farmakologi. Propolis dapat menjadi bahan obat yang dapat dimanfaatkan sebagai anti mikroba, anti alergi, anti inflamasi dan terapi pada penderita asma dan rhinitis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat