Produsen Propolis 1 di Indonesia

Nano Blog

makanan alami anti oksidan
News & Events Propolis Quick Tips

Apa saja manfaat dari Antioksidan

Dalam dunia kesehatan dan dunia kecantikan sudah sering didengar tentang Antioksidan. Jika kita melihat sebuah Iklan baik di media TV maupun media Internet, bahwa suatu produk mengandung Antioksidan.

Apa itu Antioksidan?.

Antioksidan adalah sifat berbagai senyawa yang dapat melawan radikal bebas. Jadi, antioksidan bukan nama suatu zat, melainkan sifat molekul yang dapat melindungi tubuh dari penyakit.

Radikal bebas yang dilawan oleh molekul antioksidan, radikal bebas ini sangatlah berbahaya untuk kesehatan apabila kadarnya terlalu tinggi.

Radikal bebas yang kadarnya terlalu tinggi, dapat memacu timbulnya stres oksidatif, yang nantinya dapat merusak sruktur DNA.

DNA adalah asam siribonukleat adalah sejenis biomolekul yang menyimpan dan menyandi instuksi-instruksi genetika setiap organisme dan banyak jenis virus.

Instuksi-instruksi genetika ini berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan dan fungsi organisme dan virus.

Bayangkan jika DNA ini rusak karena radikal bebas maka pertumbuhan dan berkembangan dan fungsi organismenya tidak dapat bekerja dengan baik, maka secara perlahan tubuh Anda akan mengalami penurunan kesehatan yang di mulai dengan lemahnya immunitas yang terdapat dalam tubuh Anda.

Makanan yang mengandung antioksidan
Jus sayur dan buah untuk antioksidan alami
Makanan apa saja yang mengandung antioksidan?.

Makanan sehat banyak yang mengandung antioksidan, seperti sayur-sayuran dan buah buahan. Makanan yang mengandung beta karoten seperti wortel, ubi, labu, tomat, semangka, paprika dan cabai. Untuk sayuran hijau yang mengandung beta karoten seperti bayam, brokoli dan kacang polong.

buah buahan yang mengandung antioksidan
Buah-buahan yang mengandung antioksidan

Untuk buah buahan yang tinggi antioksidan dan mengandung beta karoten seperti blueberry, strawberry , plum, jeruk, anggur, cery dan mangga.

Suplemen yang mengandung antioksidan, biasanya suplemen antioksidan mengandung 70-1.660% dari kebutuhan harian terhadap nutrisi yang ditonjolkan. Suplemen antioksidan ini dapat ditemukan pada.

  • Beta-Karoten
  • Lutein
  • Likopen
  • Selenium
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Perlu diingat bahwa mengkonsumsi suplemen antioksidan yang secara berlebihan akan dapat menimbulkan masalah kesehatan dan memicu resiko penyakit kanker.

Tetapi jika digunakan dengan baik dan benar suplemen tersebut dapat memberikan efek yang semestinya.

Beberapa zat yang merupakan sifat Antioksidan adalah:

  • Flavonoid: senyawa yang banyak terdapat dalam propolis dan madu.
  • Polivenol: senyawa alami pada tumbuhan
  • Beta karoten: zat alami yang terdapat dalam sayuran dan buah buahan.

Baca juga: Kandungan senyawa propolis untuk suplemen kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *