Produsen Propolis 1 di Indonesia

Nano Blog

madu
Uncategorized

Bagaimana lebah menghasilkan madu dan propolis

Manusia telah memanfaatkan madu sejak dahulu kala dan sejak ribuan tahun yang lalu.

Hal yang sangat menarik adalah adanya ayat di al-quran yang membahas tentang lebah yang menghasilkan madu, dan manfaat madu tersebut.

Bagaimana lebah dapat menghasilkan madu?

Untuk menghasilkan madu dan propolis tentunya tidak semua lebah menghasilkan madu, hanya lebah pekerja saja yang menghasilkan madu, adanya madu karena lebah pekerja ini mendapatkan dari saripati bunga.

Butuh satu koloni lebah untuk menghasilkan madu, karena dibutuhkan kerjasama dari kawanan lebah untuk membuat sarang, propolis dan madu.

Satu koloni lebah dapat mengunjungi 50 juta putik bunga setiap harinya. lebah koloni paling banyak 60.000 lebah. Mereka disebut lebah yang sangat sibuk. Lebah madu pekerja selalu bekerjasama sebagai lebah terbaik.

Lebah madu pekerja juga mempunyai tim untuk mencari dimana bunga terbaik berada. Caranya mereka selalu berkomunikasi satu dengan yang lainnya menggunakan benturan, suara dan bahkan tairan yang dikenal dengan waggel dance.

Setiap lebah semasa hidupnya memiliki peranan yang berbeda-beda tergantung umur mereka. Untuk memproduksi madu, lebah madu pekerja terbang hingga 5 kmuntuk mencari bunga dan menghisap nektar bunga tersebut. Biasanya mereka akan mengunjungi sekitar 50 hingga 100 bunga dalam sekali perjalanan.

Nektar merupakan bahan utama madu dan juga sumber utama bagi lebah. Menggunakan belalai panjang mirip sedotan yang disebut probocis, lebah madu masuk menghisap tetesan sari bunga dari organ khusus memproduksi nektar, yaitu kelenjar madu (nectary).

Madu yang kering mereka akan menutup sel-sel madu denga lilin lebah.

Madu adalah makanan bagi manusia dan makanan yang utama bagi lebah madu, ada ratusan type madu tergantung dari lebah madu itu berasal dan mengisap bunga.

Beberapa madu bahkan bisa dijadikan obat, Lebah ternyata tidak hanya memproduksi madu saja. Ketika mereka mengunjungi bunga mereka juga menghasilkan serbuk sari yang merupakan sumber protein agar lebah lebah tersebut tetap sehat dan kuat.

bahan baku propolis
propolis brazil

Propolis

Propolis adalah produk sampingan berupa getah yang dihasilkan oleh lebah madu. Ketika lebah mencampurkan getah pohon dengan zat alami dari dalam tubuh, lebah akan menghasilkan zat lengket berwarna coklat kehijauan untuk melapisi sarang mereka, zat lengket berwarna coklat kehijauan inilah yang disebut dengan propolis.

Lebah madu akan akan mengumpulkan getah dari berbagai tanaman untuk mengisi celah dan lubang lubang untuk sarang mereka. Hal ini dilakukan untuk melindungi sarang dari ancaman luar, seperti hewan pemangsa dan mikroba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat