Produsen Propolis 1 di Indonesia

Nano Blog

pertanian modern
News & Events

Aplikasi nanoteknologi pada pertanian

Sumber gambar mediatani

Dibandingkan dengan bidang lain seperti elektronik, material, obat tradisional herbal dan bidang kesehatan lainnya. Aplikasi nanoteknologi pada bidang pertanian baru dimulai explorasinya. Namun demikian, potensi nanoteknologi dalam merevolusi pada bidang industri pertanian sangat besar dengan adanya metode baru dalam:

  • Penanganan penyakit secara molekular
  • Deteksi dini penyakit dan meningkatkan kemampuan tanaman dalam menyerap nutrisi yang dibutuhkan.
  • Sensor dan penghantar pintar dapat membantu industri pertanian melawan virus dan bakteri pahtogen lainnya.
  • Katalis nanostruktur dapat juga digunakan dalam peningkatan efesiensi pestisida dan herbisida untuk mengontrol kekurangan maupun dosis pemberian.
  • Nanoteknologi juga akan melindungi lingkungan secra tidak langsung melalui penggunaan supplay energi alternative/terbarukan dan filter/katalis untuk membersihkan polutan.
pertanian modern
pertanian modern sumber: gambar jakartainsight

Pertanian Tepat Guna dengan nanoteknologi

Pertanian tepat guna memiliki tujuan jangka panjang berupa output maksimum (Melimpahnya hasil panen) dan input minimal (pupuk, pestisida, herbisida dan sebagainya) melalui variable lingkungan dan pelaksanaan aksi tertarget.

Sistem penghantar pintar

Dimasa mendatang, devais berskala nano yang dimiliki karekteristik baru dapat diaplikasikan untuk pertanian dengan sistem pintar. Sebagai contoh devais ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi kesehatan tanaman secara dini.

Teknologi secara enkapsulasi dan metode pelepasan terkontrol telah merevolusi penggunaan perisida dan herbisida. Banyak perusahaan telah berhasil membuat formula 100-250 nm yang lebih efektif larut dalam air sehingga aktifitas meningkat.

Ada pula perusahaan yang menggunakan suspensi partikel skala nano (Nanoemulsi) baik yang berbasis nano partikel pestisida atau herbisida dengan ukuran 200-400 nm, suspensi ini dapat dicampurkan dengan dalam bermacam media seperti gel, cairan dan sebagainya. Dan memiliki banyak aplikasi seperti aplikasi deteksi pencegahan pengobatan atau untuk perlindungan produk panen.

Salah satu contoh produk penghantar pintar yang sudah diaplikasikan adalh regulator untuk pertumbuhan tanaman, nanoemulsi yang digunakan untuk mengurangi daun menghentikan pertumbuhan rumput dan untuk pembibitan.

Produk salah satunya adalah nanosuspensi yang mengandung zat aktif lamba-cyhalothirn (insektisida sistensi) terenkapsulasi, dimana ekapsulat baru akan melepaskan zat aktif setelah bersentuhan dengan daun.

Pertanian modern

Indonesia terus maju menjadi pertanian modern yang baiknya juga dibangun dengan apkliaksi nanoteknologi pertanian.

Pertanian modern adalah praktik pertanian yang menggunakan ilmu dan teknologi terkini untuk meningkatkan efesiensi, efektifitas proses sekaligus mengurangi input sumber daya alam seperti lahar, air dan energi.

Pertanian modern juga penggambungan antara teknologi pertanian, mesin pertanian rekayasa genetik sistem informasi dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat