Produsen Propolis 1 di Indonesia

Nano Blog

nano chitosan
Nano Chitosan

Ungkap Rahasia Manfaat Nano Chitosan.

Nano chitosan adalah chitosan yang sudah berukuran nano meter. Suatu ukuran partikel yang sangat kecil, dengan partikel ukurannya menjadi nano dapat dipastikan khasiatnya bertambah 10x lipat bahkan lebih.

Chitosan sering kali digunakan untuk menyamarkan rasa sakit pada obat dan mengawetkan makanan. Tak hanya itu, chitosan juga dipercaya dapat menyembuhkan, meredakan atau mencegah masalah kesehatan.

Chitosan sebagai bahan aktif kitosan bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka (wound healing) dengan sifatnya yang mampu meningkatkan proliferasi fibroblast sekaligus sebagai antibakteri .

Nanoteknologi diyakini akan menjadi salah satu pilihan utama teknologi yang dapat mengakserasikan produk-produk industri dan peningkatan daya saing industri secara signifikan. Salah satu bidang nanoteknologi yang saat ini sedang ramai diteliti dan dikembangkan adalah nano Chitosan.

Chitosan merupakan polisakarida yang diperoleh dari hasil deasetilasi kitin, polimer kedua yang terbanyak dialam yang umumnya serbuk, pasta, film, serat dll.  

Nanotechnology decorative flat icons set with tube molecule structure microscope elecronics medicine on blue background vector illustration

Dengan sifat biokompatibilitasnya potensi Chitosan untuk dikembangkan sebagai bahan aktif dan bahan pembantu dalam industri makanan dan farmasi sangatlah tinggi.

“Sebagai bahan aktif kitosan bermanfaat dalam mempercepat penyembuhan luka (wound healing) dengan sifatnya yang mampu meningkatkan proliferasi fibroblast sekaligus sebagai antibakteri.”

Manfaat Chitosan

Berbagai manfaat Chitosan adalah sebagai berikut:

  1. Mengurangi gejala penyakit Crohn: Kombinasi Chitosan dan asam askorbat dapat membantu meringankan gejala penyakit Crohn. 
  2. Mencegah gigi berlubang: Mengunyah permen karet atau menggunakan obat kumur yang mengandung Chitosan dapat menurunkan infeksi bakteri penyebab gigi berlubang.
  3. Mencegah timbunan plak pada gigi: Berkumur dengan obat kumur yang mengandung Chitosan selama 2 minggu dapat menghentikan pembentukan plak pada gigi.
  4. Mengatasi radang gusi (periodontitis): Mengoleskan kombinasi Chitosan dan asam askorbat dapat membantu mengatasi radang gusi.
  5. Mengurangi risiko efek samping cuci darah: Konsumsi Chitosan diyakini dapat menurunkan kadar kolesterol dan anemia, dua efek samping cuci darah yang paling umum. Herbal yang satu ini juga dapat meningkatkan kekuatan fisik, nafsu makan, dan kualitas tidur pada penderita gagal ginjal.
  6. Mempercepat penyembuhan luka: Chitosan dapat membantu merangsang pertumbuhan jaringan baru pada bekas luka pasca operasi. Hal ini berlaku juga pada beberapa orang yang baru saja menjalani operasi plastik.
  7. Chitosan dapat meningkatkan daya awet berbagai produk pangan: seperti bakso, sosis, nugget, jus buah/sayur, tahu, ikan asin, mie basah, produk olahan ikan, buah-buahan, mayonnaise, odol, dll. Karena memiliki aktifitas antimkroba dan antioksidan serta penggunaan chitosan pada produk pangan dapat menghindarkan konsumen dari kemungkinan terjangkit penyakit thypus, karena chitosan dapat menghambat pertumbuhan berbagai mikroba pathogen penyebab penyakit thypus seperti Salmonella enteric, S. enteric var. Parathyphi-A dan S. enteric var , Parathyphi-B.2.
  8. Chitosan pada kesehatan: juga dapat digunakan sebagai Penghambat perbanyakan sel kanker lambung manusia dean meningkatkan daya tahan tubuh 
  9. Chitosan dapat mengikat lemak dan menghambat penyerapan lemak oleh tubuh dan mengurangi LDL yang dikenal masyarakat sebagai kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol darah secara efektif dan aman, tanpa efek samping. Kenapa demikian? Karena chitosan dapat menjerat lemak (fat absorber) dan mengeluarkannya bersama kotoran karen serat tidak dapat dicerna oleh tubuh, Dicerna oleh tubuh, sehingga penggunaan chitosan akan mengurangi resiko terkena kolesterol tinggi.
  10. Chitosan dapat mengurangi beban kerja liver (hati) dan mengurangi tekanan kerja organ tubuh lain akibat adanya lemak yang berlebihan juga membantu mengontrol tingkat asam urat sehingga terhindar dari penyakit encok dan batu ginjal.
  11. Chitosan dapat juga digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka dan kerusakan tulang
  12. Chitosan dapat menghindarkan konsumen dari kemungkinan terjangkit penyakit typhus karena chitosan dapat menghambat pertumbuhan berbagai mikroba pathogen penyebab penyakit typhus seperti Salmonella enteric, S. enteric-A dan S. enteric var Paratyphi-B
  13. Chitosan pada bidang kosmetika juga dimanfaatkan sebagai pelembab, antioksidan, tabir surya pada produk kosmetik.
  14. Chitosan juga sangat baik untuk mengurai limbah dari pabrik dan limbah air kotor yang tercemar.

Jadi dikatakan Nano Chitosan ini sangat bagus dan banyak sekali manfaatnya. Nano chitosan juga sangat baik untuk industri pengolahan limbah, industri kecantikan dan industri kesehatan. Untuk industri pengolahan makan agar awet nano chitosan juga sangat bisa diandalkan. Selain bahan makanan tersebut awet dan tidak menimbulkan efek samping, makanan tersebut juga semakin bertambah gizinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Klik disini
Hello
Ada yang bisa kami bantu